Tugas Sistem Informasi Psikologi

A. Sistem

Sistem adalah sebuah tatanan (keterpaduan) yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengan satu fungsi atau tugas khusus) yang saling berhubungan dan secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses pekerjaan tertentu. (Fathansyah dalam Nasikin, 2011).

Marimin dkk (2006) berpendapat bahwa Sistem adalah suatu kesatuan usaha yang terdiri dari bagian-bagian yang berkaitan satu sama lain yang berusaha mencapai suatu tujuan dalam lingkungan yang kompleks.

Menurut Jogiyanto (dalam Nasikin, 2011) dalam Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Dari beberapa pengertian sistem diatas, dapat disimpu.kan bahwa sistem merupakan tatanan suatu kesatuan atau kumpulan dari sejumlah elemen atau bagian-bagian yang saling berhubungan dalam mencapai suatu tujuan.

B. Informasi

Kusrini dan Koniyo (2007) mengatakan, Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini ata mendukung sumber informasi.

Menurut Kadir (dalam Muslih & Purnama, 2013), Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang.

Informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan (Jogiyanto dalam Priyanti & Iriani, 2013)

Dari beberapa pengertian informasi dapat disimpulkan bahwa informasi adalah hasil dari pengolahan data, dimana data diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berarti, menggambarkan kejadian-kejadian nyata yang bermanfaat bagi penerimanya.

C. Psikologi

Secara etimologis, istilah psikologis berasal dari bahasa yunani, yaitu dari kata psyche yang berarti “jiwa”, dan logos yang berarti “ilmu”. Jadi, secara harifah, psikologi berarti ilmu jiwa, atau ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala kejiwaan (Alex Sobur, dalam Hidayat, 2014).

Menurut Wundt (dalam Basuki, 2008), Psikolgi merupakan ilmu tentang kesadaran manusia (the science of human consciousness).

Dalam pengertian lain, Plotnik (dalam Basuki, 2008) mengatakan bahwa psikologi merupakan studi yang sistematik dan ilmiah tentang perilaku dan proses mental.

Dari pengertian psikologi menurut beberapa tokoh diatas, dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan proses mental, termasuk gejala-gejala kejiwaan dan kesadaran manusia yang dipelajari secara sistematik dan ilmiah.

Sumber :

Basuki, H. (2008). Psikologi Umum. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Hidayat, A. (2014). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya arifin c noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di sma. Journal fon. 5.

Kusrini. & Koniyo, A. (2007). Tuntunan praktis membangun sistem informasi akuntansi dengan visual basic dan microsoft SQL server. Yogyakarta: CV. Andi offset.

Marimin dkk. (2006). Sumber daya manusia. Bogor: Grasindo.

Muslih, M, T. & Purnama, B, E. (2013). Pengembangan aplikasi sms gateway untuk informasi pendaftaran peserta didik baru di sman 1 Jepara. Indonesian Jurnal on Networking and Security (IJNS). 2, 50-55.

Nasikin, K. (2011). Pengembangan sistem informasi akademis dan keuangan di man 2 pati. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. 3, 20-26.

Priyanti, D & Iriani, S. (2013). Sistem informasi data penduduk pada desa bogoharjo kecamatan ngadirojo kabupaten Pacitan. Indonesian Jurnal on Networking and Security (IJNS). 2, 55-61.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s