#PTI Kajian 3 Jurnal Faktor IT yang Mempengaruhi Prestasi Akademik

#PTI Kajian 3 Jurnal Faktor IT yang Mempengaruhi Prestasi Akademik

Berdasarkan ke tiga Jurnal yang saya baca, Terdapat pendapat mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar menurut Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono (2002: 60) yaitu:
1) Faktor internal

a) Faktor jasmaniah, Faktor jasmaniah, baik bawaan maupun yang diperoleh. Yang termasuk faktor ini misalnya penglihatan, pendengaran, struktur tubuh, dan sebagainya
b) Faktor psikologi, baik bawaan maupun yang di peroleh

c) Faktor kematangan fisik maupun psikis

2) Faktor Eksternal
a) Faktor sosial, yang terdiri atas :
– Lingkungan kerja

– Lingkungan sosial

– Lingkungan masyarakat

– Lingkungan kelompok

b) Faktor budaya, seperti adat istiadat, ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian

c) Faktor lingkungan fisik, seperti fasilitas rumah, fasilitas belajar, iklim

d) Faktor lingkungan spiritual atau keamanan

Munir (2008: 113) berpendapat bahwa penggunaan media pembelajaran, termasuk di dalamnya media pembelajaran berbasis TIK, akan mendukung keberhasilan pembelajaran, karena memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut:

1) Dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam terhadap materi pemebelajaran yang sedang dibahas, karena dapat menjelaskan konsep yang sulit atau rumit menjadi mudah atau lebih sederhana.

2) Dapat menjelaskan materi pembelajaran atau obyek yang abstrak (tidak nyata, tidak dapat dilihat langsung) menjadi konkrit (nyata dapat dilihat, dirasakan, atau diraba), seperti menjelaskan peredaran darah dan organ-organ tubuh manusia pada mata pelajaran Sains.

3) Membantu pengajar menyajikan materi pembelajaran menjadi lebih mudah dan cepat, sehingga peserta didik pun mudah dipahami, lama diingat dan mudah diungkapkan kembali.

4) Menarik dan membangkitkan perhatian, minat, motivasi, aktivitas, dan kreativitas belajar peserta didik, serta dapat menghibur peserta didik.

5) Memancing partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran dan memberikan kesan yang mendalam dalam pikiran peserta didik.

6) Materi pembelajaran yang sudah dipelajari dapat diulang kembali (playback). Misalnya menggunakan rekaman video, compact disk (cakram padat), tape recorder atau televisi.

7) Dapat membentuk persamaan pendapat dan persepsi yang benar terhadap suatu obyek, karena disampaikan tidak hanya secara verbal, namun dalam bentuk nyata menggunakan media pembelajaran.

8) Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sehingga peserta didik dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan tempat belajarnya, sehingga memberikan pengalaman nyata dan langsung. Misalnya peserta didik mempelajari tentang jenis-jenis tumbuhan. Mereka dapat langsung melihat, memegang, atau merasakan tumbuhan tersebut.

9) Membentuk sikap peserta didik (aspek afektif), meningkatkan keterampilan (psikomotor).

10) Peserta didik belajar sesuai dengan karakteristiknya, kebutuhan, minat, dan bakatnya, baik belajar secara individual, kelompok, atau klasikal.

11) Menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa IT sangat mendukung dan mempengaruhi prestasi akademik. Saat ini penggunaaan IT sangat mendukung sistem akademik seperti :  Seleksi dan registrasi mahasiswa baru, Kurikulum dan bidang studi, Perkuliahan, tugas, ujian, Pengelolaan dan pengembangan dosen dan Kelulusan, wisuda, alumni. Dimana peranan IT membantu upaya dalam rangka efektivitas dan efisiensi, hal ini akan memberikan banyak kemudahan yang tentu akan memotaivasi siswa untuk meningkatkan prestasi akademik mereka.

Sumber :

http://eprints.uny.ac.id/8772/3/bab%202%20-%2008402244010.pdf

PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PERGURUAN TINGGI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
Oleh: Etin Indrayani (Dosen IPDN, Mahasiswa S3 Adpend UPI) tersedia : http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/437/pengelolaan-sistem-informasi-akademik–perguruan-tinggi-berbasis-teknologi–informasi–dan-komunikasi–tik-.html

http://eprints.unika.ac.id/2523/1/03.40.0072_Rivka_Rustanto.pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s