B. #PTI Sejarah Internet #PTI Internet Service Provider (ISP) #PTI World Wide Web (WWW) #PTI Search Engine #PTI Chatting #PTI NETQUETTE (Flaming, Trolling, Junking)

1.) #PTI Sejarah Internet

          Internet adalah serangkaian jaringan yang dapat mengakses komunikasi data dan menghubungkan antara pengguna yang satu dengan pengguna lain. Pada tahun 1969 Internet merupakan sebuah jaringan eksperimen komputer berbasis komunikasi data yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, melalui proyek ARPA yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan yang tujuan awalnya dibangun uuntuk keperluan militer . Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat system jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan computer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat.

          Awalnya ARPANET hanya menghubungkan empat buah komputer saja yang terkoneksi yaitu komputer pertama berada di University of California Los Angelos, komputer kedua berada di Stanford Research Institute, komputer ketiga berada di Santa Barbara, dan University of Utah. Pada tahun 1971 jumlah computer  yang terhubung ke ARPANET mencapai 14 buah. ARPANET secara umum diperkenalkan pada tahun 1972 oleh Larry Roberts dan Bob khan pada konferensi ICCC yang di selenggarakan di Washington, dan tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Pada awal tahun 1980-an, ARPANET di pecah menjadi dua, yaitu ARPANET untuk keperluan non-militer dan MILNET untuk keperluan Militer. Pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan. NSFNET (National Center of Supercomputing Applicationns) dibangun dan berbagai jaringan internasional berbagai negara segera bergabung. Jaringan-jaringan tersebut akhirnya terisi dengan system informasi yang dapat di akses semua orang di seluruh dunia. Hubungan-hubungan antar jaringan tersebutlah yang melahirkan INTERNET.

 

 

2.) #PTI Internet Service Provider (ISP)

     Internet Service Provider (ISP) adalah sebuah perusahaan jasa layanan internet menyediakan koneksi internet dan pelayanan tambahan lainnya. Untuk memulai akses  koneksi internet kita memerlukan Internet Service Provider (ISP) untuk mengurus detail-detail yang diperlukan agar terhubung dengan internet, termasuk biaya SLJJ (Sambungan Langsung Jarak Jauh) koneksi tersebut. Contoh beberapa perusahan jasa layanan ISP yang ada di Indonesia :

v  PT Telkom melalui Telkomnet@instan

v  Indosatnet

v  CBNnet

v  Bitnet

v  Cabinet

v  Centrin

v  Dnet

v  Globalnet

v  Idola

v  Indonet

v  Meganet

v  Radnet

v  Visionet

v  W-net

Jasa layanan online yang sudah dikenal di luar negeri diantaranya adalah sebagai berikut :

v  Microsoft Network

v  American Online (AOL)

Jenis koneksi yang diberikan oleh Internet Service Provider (ISP) adalah:

  1. TCP/IP Connection

TCP atau IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) digunakan bila kita ingin semua hardware dan software yang kita miliki terkoneksi secara langsung atau akses ke internet.

 

  1. Dial Up Connection

Dial Up Connection atau dial up akses yaitu, menggunakan modem untuk dial ke ISP agar mendapatkan koneksi ke internet (log in password).

 

  1. Dedicated Connection

Apabila akses online ke internet 1×24 jam, maka harus menggunakan koneksi Leased Line atau bisa juga menggunakan Cable Connection apabila tempat kita dekat dengan ISP yang akan kita gunakan.

 

Beberapa fungsi internet service provider (ISP) diantaranya:

  1. Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan denan internet. Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat. Menyediakan modem untuk dial up.
  2. Memberi tempat untuk homepage.
  3. Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (WWW).
  4. ISP melakukan sistem proteksi dari penyabaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

 

 

 3.) #PTI WWW (World Wide Web)

         WWW (World Wide Web) adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat diseluruh dunia dan dapat dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Dokumen web tersebut dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu Hypertext Markup Languange (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Halaman-halaman web yang dibuat menggunakan HTML digunakan untuk minyimpan informasi. Informasi yang di sajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG ,PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server  yang disebut HTTPD.

                WWW merupakan media bagi orang untuk dapat berbagi dokumen, gambar, film, music, dan informasi, serta menjual barang dan jasa. Browser dapat membaca halaman-halaman web yang tersimpan dalam web server atau sering tersimpan dalam web server atau yang disebut URL. Penggunaan www (world wide web) sangat mudah untuk dijalankan dengan menggunakan berbagai browser, seperti:

v  Internet Explorer

v  Netscape Navigator

v  Mozilla Firefox dan sebagainya

 

Beberapa jenis layanan WWW yang perlu diketahui, antara lain :

v  Web Mail Service

v  Search Engine

v  Web Hosting

v  Portal

     

4.) #PTI Search Engine

         Search Engine merupakan fasilitas internet yang dijalankan melalui browser, berfungsi untuk mencari URL suatu site dalam data base server yang berkaitan dengan keyword (kata kunci) yang dimasukkan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Dengan adanya fasilitas search engine cukup membuka satu homepage yang menyediakan atau memiliki fasilitas tersebut, dalam sekejap dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan sehingga menghemat waktu dan tenaga.

              Situs atau homepage yang menyediakan fasilitas search engine antara lain:

v  Google beralamat URL http://www.google.com

v  Yahoo! (Yet Another Hierarchie Oracle Oriented) beralamat URL http://www.yahoo.com

v  Catcha Indonesia beralamat URL http://www.catcha.co.id

v  Lycos beralamt URL http://www.lycos.com

v  Looksmart beralamat URL http://www.loosmart.com

v  Yellow Pages beralamat URL http://yellowpages.com

v  WiseNut beralamat URL http://wisenut.com

v  Gigablast beralamat URL http://gigablast.com

v  Altavista beralamat URL http://www.altavista.com

v  Excite beralamat URL http://www.excite.com

 

 

 

5.) #PTI Chatting

             Chatting (obrolan) atau bercakap-cakap adalah salah satu program yang digunakan banyak pengguna internet selain program e-mail. Komunikasi chatting ini sangat bermanfaat, terutama bila kita ingin bercakap-cakap secara langsung denagn orang lain yang lokasinya sangat jauh, tetapi tidak memungkinkan bila berkomunikasi menggunakan telpon atau handphone, karena  akan terlalu mahal. Sistem dibalik chatting ini yaitu, Internet Relay Chatting (IRC). Internet Relay Chatting (IRC) adalah fasilitas di internet yang memungkinkan pemakai internet melakukan percakapan dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif dengan cara mengetik pada pada keyboard.

              IRC ini ditujukan untuk melakukan komunikasi dalam bentuk individual atau private dan group untuk mendukung forum diskusi. IRC menggunakan protocol TCP (Transmission Control Protocol) dan secara operasional IRC menggunakan SSL (Secure Socket Protocol), SSL dirancang untuk menjamin keamanan dalam berkomunikasi untuk mencegah pengendapan oleh orang lain. Komunikasi dengan IRC inilah yang disebut “Chatting”.

              Program chatting yang terkenal untuk platform windows yaitu MIRC (Microsoft Internet Relay Chat) dan Yahoo! Messenger. Program IRC saat ini tidak hanya berkomunikasi melalui tulisan, tetapi telah di dukung dengan fasilitas voice dan video call dimana komunikasi dapat dilakukan dengan suara dan bertatap muka melalui fasilitas ”Web Cam” yang telah tersedia sesuai dengan fasilitas computer pengguna.

              Dibawah ini terdapat beberapa etika dalam ber-Chatting yaitu :

  1. Tidak melukai perasaan orang lain
  2. Tidak berkata kasar dan hal-hal yang berbau asusila
  3. Sebaiknya berhati-hati dalam ber-chatting, karena banyak terjadi penipuan
  4. Tidak menghina orang lain
  5. Tidak menghasut dan menjadi provokator tentang hal kriminalitas dan penipuan
  6. Sebaiknya berhati-hati dalam membuka e-mail dari orang lain terutama yang tidak dikenal, karena bisa saja e-mail itu adalah virus yang sengaja di sebarkan.

 

6.) #PTI NETIQUETTE

     Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet atau etika etika di dunia maya. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet. Netiket berkaitan erat dengan dua istilah, yaitu etiket dan etika. Etiket didefinisikan sebagai “aturan konvensional perilaku pribadi dalam masyarakat yang menyangkut kesopanan”.

Adapun Etika yaitu: “berkaitan dengan moral yang baik dan terhormat” (lihat definisi keduanya dalam Concise Oxford Dictionary). Kelly (1996) mengatakan bahwa penulis beberapa artikel netiket lebih suka menggunakan kata “nethics” untuk mengistilahkan “pelanggaran berat di dunia maya daripada netiket,” dan netiket untuk pelanggaran ringan. Namun, sebagian besar peneliti tidak membuat perbedaan antara nethics dan netiket ketika mengacu pada kedua masalah moral dan standar kesopanan (Scheuermann,  1997).

Terdapat beberapa pedoman dasar dalam Etika yang disebut oleh Rinaldy (1996) sebagai “The Ten Commandment of Computer Ethics, yaitu:

1. Tidak menggunakan komputer untuk merugikan orang lain.

2. Tidak mengganggu komputer orang lain.

3. Tidak mengintai file orang lain.

4. Tidak menggunakan komputer untuk mencuri.

5. Tidak menggunakan komputer untuk mengucapkan saksi dusta.

6. Tidak menggunakan atau menyalin perangkat lunak bajakan.

7. Tidak menggunakan sumber daya komputer orang lain tanpa otorisasi.

8. Tidak mencuri hasil karya orang lain.

9. Berpikir tentang konsekuensi sosial dari program atau posting yang  Anda tulis.

10. Menggunakan komputer dengan cara bijak dan dengan rasa hormat pada pengguna lain.

Mengenai etiket, Brakeman (1995) menyajikan The Ten Commandment of Etiquette, yaitu:

1. Jangan pernah lupa bahwa pengguna lain adalah juga manusia.

2. Hendaknya menulis atau berkomentar secara singkat dan tepat.

3. Hormati pesan atau komentar orang lain.

4. Gunakan judul yang tidak menipu dalam posting/pesan.

5. Fahami siapa audiens dari posting Anda.

6. Hindari humor yang bersifat sarkasme.

7. Selalu tinjau kembali apa yang sudah Anda katakan

8. Bersosialisasilah (kembali kepada masyarakat yang riil).

9. Tidak terus mengulangi apa yang telah dikatakan.

10.   Cantumkan referensi secara tepat

          Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete yaitu:

  1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewal
  2. Kenali audiens terlebih dahulu Posting dengan maksud yang benar tetapi disampaikan pada saat yang tidak tepat akan memicu pertengkaran. Hal ini karena penulis gagal memahami audiens dari tulisannya.
  1. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
  2. Hargai pengguna lain di internet, Seperti:
  1. Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
  2. Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
  3. Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
  4. Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
  5. Jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.

 

  1. Sebaiknya tidak mengunakan huruf KAPITAL semua (uppercase) karena akan dipersepsi oleh orang lain seperti “BERTERIAK”. Tidak menggunakan kata-kata yang bersifat sarkasme.
  2. Hargailah waktu dan bandwidth orang lain.
  3. Kirim pesan (posting) pada grup diskusi yang sesuai.
  4. Gunakan email japri (jalur pribadi) untuk hal yang bersifat personal daripada mengirimkannya kepada grup.
  5. Cek ulang di Web jika Anda mendapat email tentang virus. Jika tidak pasti tentang hal tersebut, jangan meneruskan email tadi ke orang lain. Jangan mengirim spam.

 

a. #PTI Flaming

Flaming secara mudahnya dapat diartikan tindakan provokasi, mengejek, penghinaan atau komentar kasar terhadap orang lain yang menyinggung user lainnya atau berarti memanas-manasi keadaan suatu tempat sehingga terjadi perdebatan. Menurut Virginia Shea (1994), flaming dalam sebuah diskusi bisa berarti “perdebatan sengit”.

 

Flaming dalam arti debat, menurut Shea, apabila hendak mendebat hindari mendebat secara membabi-buta. Debat sengit tidak akan mencerminkan bahwa “Anda populer” atau “Anda pintar”, justru mendebat dengan membabi buta seringkali menyebabkannya terjebak pada komentar yang “bodoh” (poorly executed flames). Dalam buku Netiquette diingatkan bahwa, “Remember that a poorly executed flame is worse than no flame at all”.

 

b. #PTI Trolling

Trolling  mengacu pada orang yang mengirim pesan (atau juga pesan itu sendiri) di Internet dengan tujuan untuk membangkitkan tanggapan emosional atau kemarahan dari pengguna lainnya. Istilah ini diturunkan dari frasa “trolling for newbies” dan trolling for fish, yang pertama kali muncul di Usenet. Istilah ini juga sering disalahgunakan untuk memojokkan lawan diskusi dalam debat-debat panas dan sering juga disalahterapkan untuk mereka yang tidak peduli terhadap etika.

Trolling sering dideskripsikan sebagai versi online dari eksperimen pelanggaran, dimana batas-batas sosial dan aturan etiket diabaikan. Mereka yang mengaku sebagai troll sering memposisikan diri sebagai Devil’s Advocate, gadflies atau culture jammers, untuk menantang pendapat umum atau asumsi umum dari forum yang mereka ikuti, dengan tujuan untuk mengalihkan atau mengenalkan cara berpikir yang baru.

Menyebut seseorang sebagai troll berarti membuat asumsi tentang motif penulis yang sesungguhnya tidak mungkin ditentukan, sementara menyebutkan sebuah posting sebagai troll berarti menggambarkan penerimaan terhadap suatu posting tanpa membuat asumsi tentang motifnya. Ringkasnya, baik si penulis maupun hasil tulisannya, sering disebut sebagai troll jika isinya membangkitkan kemarahan orang lain.

 

C. #PTI Junking

    Junking dapat diartikan mengirim post yang tidak berguna saat berforum. Junking bisa juga diartikan sebagai suatu e-mail atau kalimat yang dikirim berulang-ulang kali, banyak dari website dan sosial media online atau game online yang sudah memuat peraturan junking, junking sendiri sangat membuat para pengguna sosial media (internet) menjadi kesal dengan ulah dari segelintir orang yang sengaja atau tidak disengaja. 

 

 

Sumber Referensi :

Saputro, Uji. Dwihandoyo, Agus. Suwardi. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT Bumi Aksara : Jakarta

Supriyanto. 2003. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yudistira : Jakarta

http://www.artikeltik.com/sejarah-internet.html

http://id.m.wikipedia.org/wiki/sejarah_internet

http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/01/penngertian-isp-internet-service.html

http://ilmuti.org/2012/12/18951/

http://sugiono04.wordpress.com/artikel-wwwworld-wide-web/

http://netrix.web.id/pengertian-penjelasan-search-engine-mesin-pencari-web-directory/#

http://www.artikeltik.com/mengenal-irc-atau-internet-relay-chatting.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Netiquette

http://www.harjasaputra.com

http://media.kompasiana.com/new-media/2013/01/19/mendalami-pentingnya-netiquette-526909.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Troll_internet

http://shift-7.blogspot.com/2012/09/apakah-artinya-oot-junk-sara-flaming-dan-hoax.html

http://sacred-x.heck.in/netiquette-etika-ber-internet.xhtml

http://mynoteart.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s