MANUSIA DAN CINTA KASIH (Tugas Ilmu Budaya Dasar)

 

Cinta kasih adalah perasaan kasih sayang atas sesama,  perasaan saling menghargai antara yang satu dengan yang lain, dan tidak memperdulikan perbedaan yang ada. Cinta kasih adalah ajaran utama bagi manusia, Cinta kasih adalah anugrah  Tuhan yang ditujukan kepada semua makhluk – makhluk-Nya.

Cinta kasih membutuhkan ketulusan, pengorbanan, dan rasa saling toleran antara yang satu dengan yang lain. Cinta kasih bukanlah rasa menyukai atau rasa ingin memiliki, tetapi rasa saling menghargai dan menghormati. Meskipun terdapat banyak perbedaan tetapi jika kita memiliki cinta kasih maka akan tercipta perdamaian.

Cinta kasih bisa dicontohkan dengan adanya sikap toleransi, misalnya toleransi antar umat beragama, meskipun berbeda agama kita harus tetap menghormati keyakinan yang satu dengan yang lain, juga menghargai perbedaan itu, agar tidak terjadi permusuhan. Di dunia ini banyak sekali perbedaan, setiap perbedaan akan melahirkan keberagaman yang sangat indah, perbedaan akan menjadikan dunia berwarna dan hanya dengan cinta kasih lah kita dapat memahami perbedaan itu.

Cinta kasih tidak hanya ditujukan kepada sesama manusia saja  tetapi terhadap tuhan, dan semua makhluk ciptaan-Nya. Islam menghendaki agar kasih sayang dan sikap belaskasih dikembangkan secara wajar, yang bila diperinci maka ruang lingkupnya akan dibedakan menjadi beberapa point dibawah ini :

  1. Kasih sayang dalam lingkungan keluarga, seperti cinta kasih kta terhadap kedua orang tua, cinta kasih suami kepada istri, cinta kasih seorang kakak terhadap adiknya
  2.  Kasih sayang dalam lingkungan bangsa. Perasaan kasih saying yang timbul akibat persamaan rumpun, suku bangsa,senasib seperjuangan yang menyangkut bangsa negara.
  3.  Kasih sayang dalam keagamaan. Mencintai dan mengasihi sesama orang yang seagama karna memandang saudara dalam akidah dan keyakinan.
  4. Kasih sayang dalam bentuk perikemanusiaan. Mencintai sesama manusia atas dasar pengertian bahwa manusia sama- sama berasal dari satu keturunan
  5. Kasih sayang kepada sesame makhluk (universal). Misalnya saling mengasihi terhadap hewan dan tumbuhan

Cinta kasih yang utama adalah cinta kasih kita terhadap Tuhan yang Maha Esa. Cinta kasih juga ditujukan kepada hewan dan tumbuhan karna manusia butuh makhluk lain untuk saling melengkapi. Setiap manusia diciptakan dengan cinta kasih, masing-masing individu diberi karunia untuk miliki dan memakai cinta kasih yang diberikan oleh Tuhan. Semua hal yang dilakukan manusia harusnya hanya didasari oleh cinta kasih, tanpa ada rasa keterpaksaan atau setengah hati. Memberikan sesuatu kepada sesama atau kepada makhluk hidup lain, walaupun itu hanya hal kecil tetapi akan terasa sangat berharga dan memiliki makna jika kita memberikannya dengan sepenuh hati. Memiliki cinta kasih dan membiasakan diri untuk selalu memberi terhadap sesama akan membuat kita terbiasa melakukan hal-hal baik dan makin memupuk rasa cinta kasih yang kita miliki. Rasa cinta kasih tidak dapat tumbuh dalam sesaat, karena itu biasakanlah anak-anak kecil dengan hal-hal yang berhubungan erat dengan perbuatan baik,maka seiring dengan pertumbuhan mereka,rasa cinta dan kasih akan tumbuh dan tertanam dalam diri mereka masing-masing. Didikan yang benar akan menghasilkan penerus masa depan yang baik dan dibutuhkan di lingkungan dan bangsanya.

Sumber:

http://www.anneahira.com/cinta-kasih.htm

http://anggipay.blogspot.com/2011/04/pengertian-cinta-kasih.html

http://stanleyblizzard.blogspot.com/2012/06/manusia-dan-cinta-kasih.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s